Teknologi True Wireless Stereo

Teknologi True Wireless StereoTeknologi True Wireless Stereo, Teknologi konsumen populer saat ini tampaknya mempunyai estetika yg sama lebih sedikit lebih banyak. Rilisan terbaru Apple, untuk menyenangkan konsumen, telah menyertakan laptop tipis tanpa port USB, ponsel mulus tanpa tombol home, dan headphone tanpa kabel.

Apple Airpods dan earbud Wireless lainnya telah mengalami pertumbuhan eksplosif sejak 2016, dan sekarang mewakili produk dengan pertumbuhan tercepat di segmen audio. Menurut analisis pasar oleh Canalys, earbud Wireless melampaui earphone dan headphone Wireless pada 2019, dengan peningkatan tahunan sekitar 183 persen. 43 juta earbud Wireless dikirimkan pada kuartal ketiga 2019, menjadikannya kategori terbesar di pasar audio perangkat pribadi pintar.

Banyak aksesori Bluetooth® populer seperti earbud diiklankan sebagai “True Wireless”, tetapi apa artinya sebenarnya? Apa teknologi di baliknya? Untuk menjawab pertanyaan ini dan lebih banyak lagi, inilah semua yg perlu Anda ketahui tentang True Wireless Stereo (TWS), tren terbaru dalam teknologi Bluetooth canggih.

Baca juga: Konsol Portable Oculus Quest

Teknologi True Wireless Stereo

Apa itu Teknologi True Wireless Stereo?

True Wireless Stereo (TWS) menggunakan sinyal Bluetooth alih-alih kabel atau kabel untuk mentransfer suara. TWS berbeda dari aksesori Wireless yg tidak terhubung secara fisik ke sumber media tetapi masih mengandalkan koneksi fisik untuk memastikan bahwa beberapa bagian perangkat dapat berfungsi bersama. Headphone olahraga Wireless yg disambungkan dengan kabel yg melingkari leher pemakai adalah contoh yg sangat baik untuk hal ini.

Aksesori yg menggunakan teknologi True Wireless, di sisi lain, hanya itu — benar-benar Wireless. Mereka tidak memerlukan kabel untuk terhubung ke perangkat sumber media atau menghubungkan satu earbud atau speaker dengan yg lain. Chip Bluetooth membuat koneksi Wireless sepenuhnya.

Bergantung pada merek dan aksesori yg dimaksud, perangkat TWS yg berbeda terhubung ke sumber media dengan cara yg berbeda. Banyak headphone TWS menggunakan satu earbud sebagai koneksi utama antara sumber media dan earbud kedua. Earbud satu mengirimkan sinyal ke perangkat sumber, menghubungkan, dan kemudian perangkat sumber meneruskan sinyal yg sama ke earbud dua, memberikan pengalaman suara surround yg imersif.

Keuntungan Utama TWS

Teknologi True Wireless menawarkan banyak keuntungan, tetapi terutama, ini menarik karena nyaman dan mudah di pakai. Fungsionalitas bebas kabel berarti pemakai bebas bergerak tanpa khawatir kabel tersangkut di saku atau tersangkut di gagang pintu.

Sebagian besar perangkat TWS mempunyai jangkauan Bluetooth hingga 30 kaki sambil tetap menjaga koneksi yg jelas — menjadikannya ideal untuk pekerjaan di halaman atau berolahraga. Earbud TWS juga sangat mudah dipasangkan, mudah di pakai, dan mempunyai daya tahan baterai 75 persen lebih lama daripada earphone Wireless tradisional.

Teknologi True Wireless juga menawarkan suara stereo berkualitas tinggi dan pengalaman audio yg imersif. TWS mengirimkan saluran audio kiri dan kanan ke perangkat yg terhubung secara terpisah dengan menetapkan saluran kiri ke earbud kiri dan saluran kanan ke earbud kanan.

Saat pemakai mempunyai kedua earbud, mereka akan mempunyai suara surround yg jernih dan tajam. Bahkan jika pemakai hanya menggunakan satu earbud, mereka akan tetap mempunyai pengalaman audio yg lengkap — audio tidak terbagi, sehingga tidak terdengar seperti instrumen dan vokal dikirimkan ke earbud terpisah.

Aplikasi TWS Umum

Sementara earbud saat ini merupakan produk paling populer untuk memanfaatkan teknologi True Wireless, TWS tidak terbatas hanya pada earphone. TWS juga merupakan inovasi terbaru dalam teknologi speaker Bluetooth. Stereo TWS terhubung ke speaker utama menggunakan smartphone atau laptop, dan kemudian speaker utama terhubung ke speaker sekunder melalui sinyal Bluetooth.

Jika pemakai ingin memutar musik di seluruh rumah mereka selama pesta, misalnya, mereka dapat menempatkan satu speaker TWS di ruang tamu dan satu lagi di ruang makan — memproyeksikan musik ke seluruh lantai. Baterai portabel dapat bertahan hingga 15 jam dan menghasilkan audio berkualitas surround-sound tanpa sistem home theater.

Selain itu, sebagian besar sistem True Wireless Stereo dilengkapi dengan remote control berkemampuan Bluetooth yg memungkinkan pemakai untuk maju cepat, melewati trek, dan menyesuaikan volume dari jarak jauh.

Teknologi True Wireless juga telah diterapkan pada pengisi daya. Perusahaan pengisian daya Wireless Energous telah mengembangkan teknologi pengisian daya True Wireless, yg disebut WattUp, yg memungkinkan pemakai mengisi daya perangkat mereka hanya dengan menempatkannya dalam jarak 15 kaki dari bantalan pengisi daya. WattUp menerima sertifikasi dari Komisi Komunikasi Federal pada tahun 2018, dan pengisian Wireless yg sebenarnya dapat segera siap.

Dasar-dasar Teknologi TWS

Keajaiban apa yg membuat Anda dapat mendengarkan musik melalui earbud tanpa kabel? Penemuan luar biasa yg membuat teknologi audio modern berhutang banyak. Bluetooth.

Saat Anda mempunyai sepasang earbud TWS dengan earbud “master” tertentu (misalnya, Anda harus menggunakan setidaknya earbud kiri untuk dapat mendengarkan musik) maka earbud tersebut menjadi koneksi Bluetooth utama ke ponsel Anda. Musik kemudian dikirim ke earbud Anda yg lain (mis., kanan) melalui koneksi sekunder. Bayangkan sistem ini sebagai satu set kabel tak terlihat antara ponsel Anda dan earbud.

Jika Anda mempunyai earbud master ganda, seperti TaoTronics SoundLiberty 77 dan 79. Maka salah satu earbud yg Anda ambil terlebih dahulu dapat menjadi “master” dan membuat koneksi utama. Ini berarti Anda tidak perlu memikirkan earbud mana yg harus diambil jika ada panggilan masuk.

TWS vs Headphone Wireless

Dengan semua nama “kabel/Wireless/TWS”, satu hal yg harus dijawab: apa perbedaan antara headphone Wireless, dan earbud True Wireless?

Headphone Wireless masih mempunyai konektivitas Bluetooth, dan, yg membingungkan, masih mempunyai kabel. Namun, tidak ada kabel yg menghubungkan ponsel Anda ke headphone; kabel ini bergabung dengan earbud bersama-sama. Sebuah kawat akan melilit bagian belakang leher Anda. Ini sangat bagus untuk berolahraga, karena earbud magnet dapat dihubungkan bersama untuk membentuk “kalung” jika Anda perlu istirahat.

True Wireless, atau headphone Bluetooth TWS, tidak mempunyai batasan ini. Mereka tidak mempunyai kabel penghubung, bahkan di antara earbud. Ini berarti Anda dapat memberikan earbud kepada teman yg berjarak satu meter dan tidak perlu khawatir tentang kabel yg membuat Anda tetap berdekatan. Ini adalah arti TWS di earbud!

Teknologi True Wireless dengan Telink

Karena manfaat True Wireless Stereo menjadi jelas — kenyamanan, kualitas audio. Dan pengaturan yg mudah — pasar untuk produk Bluetooth TWS seperti earbud Wireless akan terus berkembang. Untuk pengembang perangkat, waktunya sudah matang untuk inovasi.

Baik Anda ingin meningkatkan headphone TWS atau mengembangkan penggunaan baru untuk teknologi True Wireless. Chip Telink membuat perbedaan di tempat yg penting. Chip Bluetooth kami hemat daya, hemat biaya, dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat yg mereka gunakan. Ketika diterapkan pada peralatan audio, tumpukan Bluetooth kami yg telah teruji menghasilkan kualitas audio yg superior dalam skala besar.

Seri TLSR9518 adalah chip multiprotokol berbasis RISC-V untuk sistem audio TWS generasi berikutnya. Dan merupakan tambahan terbaru untuk rangkaian solusi konektivitas lengkap Telink yg dirancang untuk memaksimalkan kinerja perangkat.

Telink menyediakan referensi desain produk turn-key dan referensi casing pengisian daya untuk mendukung solusi TWS Bluetooth dasar dengan efisiensi tinggi dengan kata kunci yg disematkan, pembatalan gema akustik, dan mode TWS untuk streaming musik dan panggilan suara.

TLSR9518 juga memberikan kemampuan pembatalan bising elektronik (ENC) dan pembatalan bising aktif (ANC) dan mendukung solusi Bluetooth LE 5.2 TWS latensi sangat rendah yg memanfaatkan pendekatan aliran isokron terhubung (CIS) atau aliran isokronik siaran (BIS).