About Us

Sejarah Teknologi di Dunia, Sejarah teknologi, perkembangan dari waktu ke waktu teknik sistematis untuk membuat dan melakukan sesuatu. Istilah teknologi, kombinasi dari technē Yunani, “seni, kerajinan,” dengan logos, “kata, pidato,” berarti di Yunani wacana tentang seni, baik halus maupun terapan.

Ketika pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada abad ke-17, itu digunakan untuk berarti diskusi tentang seni terapan saja, dan secara bertahap “seni” ini sendiri menjadi objek penunjukan. Pada awal abad ke-20, istilah tersebut mencakup berbagai sarana, proses, dan ide yang berkembang selain alat dan mesin.

Sejarah Teknologi di Dunia

Catatan yang sangat padat tentang sejarah teknologi seperti ini harus mengadopsi pola metodologis yang ketat jika ingin melakukan keadilan terhadap subjek tanpa terlalu mendistorsinya dengan satu atau lain cara. Rencana yang diikuti dalam artikel ini terutama bersifat kronologis, menelusuri perkembangan teknologi melalui fase-fase yang saling berhasil dalam waktu. Jelas, pembagian antara fase sebagian besar sewenang-wenang.

Salah satu faktor dalam pembobotannya adalah percepatan besar perkembangan teknologi Barat dalam beberapa abad terakhir; Teknologi timur yang dibahas dalam artikel ini hanya pada pokoknya yang berkaitan dengan perkembangan teknologi modern.

Dalam setiap fase kronologis, metode standar telah diadopsi untuk mensurvei pengalaman dan inovasi teknologi. Ini dimulai dengan tinjauan singkat tentang kondisi sosial umum pada periode yang sedang dibahas, dan kemudian berlanjut dengan mempertimbangkan bahan dan sumber daya yang dominan pada periode tersebut, dan penerapannya pada produksi pangan, industri manufaktur, konstruksi bangunan, transportasi dan komunikasi. , teknologi militer, dan teknologi medis.

Pada bagian terakhir, konsekuensi sosiokultural dari perubahan teknologi pada periode tersebut akan dibahas. Kerangka kerja ini dimodifikasi sesuai dengan persyaratan khusus setiap periode—diskusi tentang material baru, misalnya, menempati tempat penting dalam perhitungan fase-fase sebelumnya ketika logam baru diperkenalkan tetapi secara komparatif tidak penting dalam deskripsi beberapa fase selanjutnya— tetapi pola umum dipertahankan di seluruh.

Salah satu faktor kunci yang tidak mudah masuk ke dalam pola ini adalah pengembangan alat. Tampaknya paling nyaman untuk menghubungkan ini dengan studi bahan, daripada aplikasi tertentu, tetapi tidak mungkin untuk sepenuhnya konsisten dalam perawatan ini. Pembahasan lebih lanjut tentang bidang-bidang khusus perkembangan teknologi disediakan dalam berbagai artikel lain: misalnya, lihat elektronik; eksplorasi; memproses informasi.

Pertimbangan Umum Untuk Sejarah Teknologi di Dunia

Pada dasarnya, teknik adalah metode untuk menciptakan alat dan produk baru dari alat. Dan kapasitas untuk membangun artefak semacam itu merupakan karakteristik yang menentukan spesies mirip manusia.

Tetapi atribut-atribut ini adalah hasil dari pola-pola perilaku naluriah dan tidak dapat diubah-ubah agar sesuai dengan keadaan yang berubah dengan cepat. Manusia, berbeda dengan spesies lain, tidak memiliki reaksi naluriah yang sangat berkembang tetapi memiliki kapasitas untuk berpikir secara sistematis dan kreatif tentang teknik.

Dengan demikian, manusia dapat berinovasi dan secara sadar memodifikasi lingkungan dengan cara yang belum pernah dicapai oleh spesies lain. Seekor kera kadang-kadang dapat menggunakan tongkat untuk memukul pisang dari pohon. Tetapi seseorang dapat membuat tongkat menjadi alat pemotong dan mengambil banyak pisang.

Di suatu tempat dalam transisi antara keduanya, hominid, spesies mirip manusia pertama, muncul. Berdasarkan kodrat manusia sebagai pembuat alat, manusia sejak awal telah menjadi teknolog, dan sejarah teknologi mencakup seluruh evolusi umat manusia. Dan juga teknik kreativitas artistik dan ritual mewakili aspek lain dari insentif teknologi.

Keterlibatan sosial dalam kemajuan teknologi

Kesadaran akan interaksi ini penting dalam mensurvei perkembangan teknologi melalui peradaban yang berurutan. Jika salah satu dari faktor-faktor ini tidak terpenuhi, kecil kemungkinan suatu inovasi teknologi akan diadopsi secara luas atau berhasil.

Yang dibutuhkan mungkin alat pemotong yang lebih efisien, alat pengangkat yang lebih bertenaga, mesin yang hemat tenaga kerja. Atau alat untuk menggunakan bahan bakar baru atau sumber energi baru.

Atau, karena kebutuhan militer selalu memberikan rangsangan bagi inovasi teknologi, mungkin kebutuhan itu berupa kebutuhan akan senjata yang lebih baik. Dalam masyarakat modern, kebutuhan telah dihasilkan oleh iklan. Apa pun sumber kebutuhan sosial, adalah penting bahwa cukup banyak orang yang sadar akan hal itu untuk menyediakan pasar bagi artefak atau komoditas yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Banyak penemuan kandas karena sumber daya sosial yang vital untuk realisasinya—modal, material, dan tenaga terampil—tidak tersedia. Tetapi hanya sedikit yang mencapai tahap model karena sumber daya dari satu jenis atau lainnya kurang.

Sumber daya modal melibatkan keberadaan produktivitas surplus dan organisasi yang mampu mengarahkan kekayaan yang tersedia ke saluran di mana penemu dapat menggunakannya.

Sebuah revolusi teknologi

Begitu banyak teknologi baru telah muncul dalam setengah abad terakhir sehingga tidak mungkin untuk membuat daftar semuanya. Tetapi 10 terobosan teknologi tinggi ini menonjol selama 50 tahun terakhir karena mereka telah merevolusi cara hidup orang Amerika. Kami melihat kembali awal mereka, serta ke mana mereka membawa kami hari ini.

1. Internet. Yang ini sepertinya tidak perlu dipikirkan, tetapi kekuatan unik Net adalah tidak ada dua orang yang akan setuju mengapa ini sangat penting.

Tambahkan ke media massa paling terjangkau yang pernah ada, dan kutukan bagi siapa pun yang menyimpan rahasia. Tiga perlima orang Amerika sekarang menggunakan Internet, tetapi masih harus dilihat apakah hubungan satu sama lain akan mengubah kita, atau membuktikan bahwa kita tidak akan pernah berubah.

2. Rekayasa genetika. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang Boyer dan Cohen, yang membangun organisme pertama dengan gabungan DNA dari spesies yang berbeda pada tahun 1973? Mereka memasukkan gen katak ke dalam bakteri yang kemudian mereplikasi dirinya sendiri berulang-ulang, meneruskan kode genetik katak ke generasi bakteri.

Tiga puluh tahun kemudian, diperkirakan 70 persen makanan olahan mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara genetik, seperti kedelai atau jagung yang direkayasa untuk hasil panen yang lebih tinggi. Tentu saja, potensi yang jauh lebih besar — ​​baik dan buruk — ada pada manusia rekayasa. Tetapi efek sampingnya bisa menjadi bencana dan tidak diketahui. Apakah ada cara etis untuk menguji beta manusia?